Rabu, 16 Desember 2015

Pendataan dan Validasi KJP (Kartu Jakarta Pintar) di SDN Cawang 03 Pagi


I. Bagian Awal

Kelas     : LA 21

Dosen    : Sri Hutomo S.H., M.H.

Waktu   : Selasa, 27 Oktober 2015
Pukul     : 10:00 – 12:00 (120 menit)
Lokasi    : SDN Cawang 03 Pagi
                 Jl. Taman Harapan RT.02/03 cawang, Jakarta timur
PIC         : Iis Herniati, S.Pd (Kepala Sekolah)




Tim yang hadir:
Ketua: Lakshmita Adani (1701337044)
Anggota: 
  1. Bintang Alem Reyhan Nurandy (1701371795)
  2. Hikmah Pertiwi (1701306556)
  3. Maxy Energio Ramadhony (1701342265)
  4. Muhammad Nadhir (1701337680)
  5. Nurul Fauziyah (1701325265)
TIM yang tidak hadir: 
  1. Fari Irsyad (1701330164)
Dari Kiri; Lakshmita, Hikmah, Muhammad Nadhir, Nurul, Bintang, Maxy

Bangunan SD Negeri Cawang 03 Pagi yang bersebelahan dengan bangunan SDN Cawang 01 dan 05 Pagi

II. Bagian Isi

Materi CB: Professional Development


BINUS melakukan kerjasama dengan Dinas Pendidikan DKI Jakarta melakukan pendataan dan validasi KJP dan 8355 yang menjadi salah satu tugas wajib dari mata kuliah CB: Professional Development. KJP sendiri adalah singkatan Kartu Jakarta Pintar yang merupakan program stratergis untuk memberikan akses bagi warga DKI Jakarta dari kalangan masyarakat tidak mampu untuk mengenyam pendidikan minimal sampai dengan taman SMA/SMK  dengan dibiayai penuh dari dana APBD Provinsi DKI Jakarta, sedangkan 8355 sendiri adalah salah satu output simdik.info yang berisi tentang data peserta didik yang disahkan oleh kepala sekolah/madrasah dan diketahui pengawas manajemen.
Dalam menjalankan tugas ini, kami menerapkan prinsip dari teori etika deontologi / duty based ethics, yaitu suatu perbuatan dikatakan baik karena perbuatan tersebut wajib untuk dilakukan (Bertens, 2000;69). Dalam arti lain suatu perbuatan adalah baik jika dilakukan karena harus dilakukan atau dengan kata lain jika dilakukan karena kewajiban (Bertens, 2000;70-72). Sama seperti pelaksanaan tugas pendataan dan validasi KJP dan 8355 yang dilakukan oleh kelompok kami adalah hal yang wajib dilakukan sebagai mahasiswa BINUS dan dari mata kuliah CB: Professional Development.


Persiapan Kegiatan

Pertama-tama ketua kelompok melakukan regristrasi kelompok di TFI dan lalu ketua kelompok memilih dua sekolah yang telah didiskusikan dengan anggota kelompok sebagai target dari pendataan dan validasi KJP dan 8355, yang hal tersebut dilkukan di website TFI .
Setelah melakukan regristrasi dan pihak TFI telah menyetujui regristrasi dari kelompok kami beserta pilihan sekolah yang telah kelompok kami ambil, kelompok langsung mengambil surat jalan/izin dari pihak TFI dan meminta data-data penerima KJP dan 8355 dari SDN Cawang 03 Pagi. Lalu kelompok mengunjungi sekolah SDN Cawang 03 Pagi dalam rangka ingin survey tempat dan meminta izin kepada kepala sekolah untuk melakukan verifikasi data dan pendataan KJP dan 8355 serta pengisian validasi pendidikan oleh pihak operator sekolah.

Metode Kegiatan

Kami tiba disekolah pukul 09:00 dan langsung bertemu dengan Kepala Sekolah dari SDN Cawang 03 Pagi. Karena terdapat sedikit hambatan dalam jadwal, maka kegiatan baru dimulai pada pukul 10:00. Kepala Sekolah turun langsung dalam kesiapan-kesiapan untuk wawancara. Kepala Sekolah telah mempersiapkan ruangan dan 35 siswa untuk di wawancara, sebelumnya setiap anggota team mewawancara 5 siswa, namun karena salah satu anggota berkenan untuk hadir, jadi kami tetap mewawancara 35 siswa sesuai dengan perjanjian dengan pihak sekolah namun sisa 5 siswa yang harusnya di wawancara oleh saudara yang berkenan hadir pada akhirnya diwawancarai oleh anggota team lain.
Pertama-tama kami bertanya kepada siswa/siswi tentang pemahan mereka terhadap program KJP, dan tentu saja seluruh siswa/siswi dengan mantap menjawab pertanyaan tersebut. Setelah itu kami memulai wawancara secara individu, dalam mengajukan pertanyaan dan melaksanakan wawancara, ada beberapa anak yang terlihat bingung dengan pertanyaan yang diberikan, kebanyakan dari murid tersebut tahu betul tentang program KJP tapi tidak tahu seluk beluk bagaimana bisa mendapatkan KJP, karena orang tua mereka lah yang mengurus pendaftaran tersebut, namun para anggota kelompok kami tetap berusaha membantu mereka memahami dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diberikan sehingga semua pertanyaan dapat terjawab dan dapat dijawab dengan baik dan benar.
Setelah melakukan wawancara yang menghabiskan waktu kurang lebih 90 menit, setelah itu kami bergegas menuju ruang tata usaha untuk memberikan lembar pertanyaan KJP Sekolah untuk diisi oleh operator sekolah. Setelah selesai kami pamit kepada Kepala Sekolah, Operator Sekolah dan pihak sekolah dan berterimakasih atas paratisipasi-nya dalam kelancaran pendataan dan validasi KJP di SDN Cawang 03 Pagi.


Lampiran Pengisian Google Docs




Form Evaluasi

Form Evaluasi Kegiatan di SDN Cawang 03 Pagi


III. BAGIAN PENUTUP


      Hasil Kegiatan

         
        - Melakukan wawancara terhadap sample 35 murid dari total 134 murid penerima KJP di SDN Cawang 03 Pg.
        - Melakukan pengisian data KJP sekolah kepada pihak operator sekolah.

Kesimpulan

Kegiatan wawancara dan validasi data KJP di SDN Cawang 03 Pagi telah selesai dilakukan, dan pengimputan data validasi KJP Siswa dan Sekolah di google docs yang telah disediakan pihak TFI juga telah dilaksanakan. 

Lampiran Foto

Bintang Alem Sedang Melakukan Wawancara KJP Siswa
Siswi yang Telah Selesai Melakukan Wawancara KJP Siswa

Maxy dengan Seorang Siswi Usai Melaksanakan Wawancara KJP Siswa

Nurul Melakukan Wawancara KJP Siswa


Lakshmita dengan Seorang Siswi Setelah Melakukan Wawancara KJP Siswa

Wawancara KJP Siswa dan Sekolah Telah Selesai Dilaksanakan



Tidak ada komentar:

Posting Komentar